Coelogyne pandurata

Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies anggrek yang hanya di temukan di kalimantan. Anggrek hitam adalah maskot dari propinsi kalimantan timur.Saat ini anggrek hitam mengalami penurunan jumlah karena semakin sedikitnya hutan luas di kalimantan.

Minggu, 05 Desember 2010

" MOLEKUL "

    Molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimia dan fisika unik . Suatu molekul terdiri dari dua atau lebih atom yang terikat satu sama lain. Contoh :
a. Molekul Unsur
  1. Oksigen terbentuk dari dua atom yang sama, yaitu oksigen. Rumus kimia oksigen adalah O2. Molekul yang terbentuk dari satu jenis atom dinamakan molekul unsur.
b. Molekul Senyawa
  1. Molekul yang tersusun atas lebih dari satu jenis atom dinamakan molekul senyawa. Contoh : Air tersusun atas dua atom H dan satu atom O.
     Molekul unsur dan molekul senyawa dapat dibedakan berdasarkan jumlah jenis atom penyusunnya. Perbedaan ini dapat di lihat pada molekul unsur H2 dan molekul senyawa H2O.
Sesungguhnya, kita selalu berinteraksi dengan molekul unsur dan molekul senyawa. Contohnya ketika bernapas, kita menghirup molekul unsur oksigen (O2) dan melepaskan molekul senyawa karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dalam bentuk uap air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar