Coelogyne pandurata

Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies anggrek yang hanya di temukan di kalimantan. Anggrek hitam adalah maskot dari propinsi kalimantan timur.Saat ini anggrek hitam mengalami penurunan jumlah karena semakin sedikitnya hutan luas di kalimantan.

Kamis, 02 Desember 2010

FUNGSI BAGIAN-BAGIAN DARI TUMBUHAN


Bagian-bagian tumbuhan terdiri dari akar,batang,bunga,buah,dan daun. Dansetiap bagian memiliki fungsi tertentu.

Fungsi dari akar ::

Akar memiliki beberapa kegunaan, antara lain, untuk menyerap air dan zat hara, untuk menunjang berdirinya tumbuhan, serta untuk menyimpan cadangan makanan.
a. Menyerap air dan zat hara.
Tumbuhan memerlukan air dan zat hara untuk kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, sering ditemukan akar tumbuh memanjang menuju sumber yang banyak mengandung air.

b. Menunjang berdirinya tumbuhan.
Akar yang tertancap ke dalam tanah berfungsi seperti pondasi bangunan. Oleh karena itu, tumbuhan dapat bertahan dari terjangan angin kencang dan hujan deras

c. Sebagai alat pernapasan.
Selain menyerap air dan zat hara, akar juga menyerap udara dari dalam tanah. Mungkin dilakukan karena pada tanah terdapat pori-pori. Melalui pori-pori tersebut akar tumbuhan memperoleh udara dari dalam tanah
.
d. Sebagai penyimpan makanan cadangan.
Pada tumbuhan tertentu, seperti ubi dan bengkoang, akar digunakan sebagai tempat menyimpan makanan cadangan.Makanan cadangan ini digunakan saat menghadapi musim kemarau atau ketika kesulitan mencari sumber makanan. 

BY:: Nisa Nur Istiqomah 8c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar